Ucapan HAN 2024 Himpaudi Kota Jayapura

GREETINGS HR IDUL ADHA PEMKOT JAYAPURA

GREETINGS HR IDUL ADHA PEMPROV PAPUA

Greetings HR IDUL ADHA PEMKAB JAYAPURA

307 siswa Baru SMP YPPK ST Paulus  Abepura mengikuti MPLS

Caption : Para Peserta Didik Baru yang mengikuti MPLS di SMP YPPK St Paulus Abepura

JAYAPURA| Jayapurapost. com – SMP YPPK  ST Paulus menerima peserta didik baru  sebanyak 307 siswa untuk tahun ajaran baru 2024-202 .

 

Hal ini disampaikan Kepala SMP YPPK St Paulus Abepura  Maria Noviyanti Widiastuti,S.Pd disela sela kegiatan pembukaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah  (MPLS) di Aula Rumah Studi  St Nikolaus Duta Damai Padang Bulan Abepura, Rabu (10/07)

 

Dijelaskan Maria Noviyanti  selama masa   penerimaan siswa di tahun ajaran baru ini SMP YPPK St Paulus telah menerima  sebanyak   307 siswa untuk kuota 9 kelas yang menampung masing masing kelas sebanyak  30 Siswa.

 

“ Karna kami sekolah swasta Katolik maka sekolah kami juga menggunakan penerimaan dari  jalur Agama Katolik dan SD YPPK  serta dengan sistem 0nline sesuai aturan Juknis Dinas Pendidikan Kota Jayapura   berupa Penerimaan PPDB Online  Zonasi sebanyak 50 % dari total penerimaan, afirmasi 35 %,  Perpindahan  5 % dan  jalur prestasi sebesar 10  % ,” terang Kepsek SMP YPPK St Paulus.

 

Penerimaan khusus  jalur agama Katolik telah  dibuka pendaftaran  sejak bulan mei sedangkan jalur online dibuka pada bulan juni dan sudah  pengumuman pada  tanggal 1 Juli 2024.

 

“Setelahnya dilakukan pendaftaran ulang , pada hari selasa dilaksanakan pra MPLS dan selama 3 hari yakni hari  rabu kamis dan jumat  akan dilaksanakan   MPLS ,”ujarnya.

 

Dijelaskan Maria Noviyanti , kegiatan MPLS tahun 2024 bertujuan untuk memperkenalkan lingkungan sekolah, organisasi sekolah yakni Osis, para dewan guru dan karyawan serta para siswa siswa yang ada   di kelas 8 dan 9 dan tak lupa  kegiatan kegiatan extra kuruikuler yang ada di sekolah ini.

 

Sambung Noviyanti untuk pelaksanaan MPLS tahun ini ,di hari pertama sekolah menggunakan Aula Rumah studi St Nikolaus Duta Damai Padang Bulan sebagai pembukaan MPLS dan hari selanjutnya akan dilaksanakan di sekolah.

 

“Sebenarnya sebuah kerinduan kami ketika mempunyai  aula sendiri sehingga kegiatan sekolah yang mengumpulkan banyak siswa dan orangtua dapat dilaksanakan disekolah namun dengan berbagai hal  sampai hari ini belum terealisasi sehingga kegiatan MPLS dan kelulusan selalu menggunaka tempat di luar sekolah, semoga tahun 2025  kami dapat mewujudkan memiliki aula sekolah sendiri ,” harap Kepsek SMP YPPK St Paulus.

 

Selain itu ia menyebutkan dalam  MPLS sendiri akan diberikan berbagai materi materi dengan mengundang narasumber dari luar berupa  BNN dan kepolisian  dan dari pihak  sekolah  akan memberikan materi penggenalan sekolah,  kurikulum, fasilitas sekolah, cara belajar di sekolah mengingat ada perbedaaan dari SD ke SMP  mengingat kalau di SD adalah guru kelas sedangkan di SMP mengenal sebagai guru mata pelajaran .

 

“  BNN akan memberikan materi tentang Narkoba sedangkan dari kepolisisam akan memberikan materi tentang miras, penggunaan Gadget dan bermedsos dengan baik,”jelasnya.

 

Disinggung tentang pembelajaran dengan menggunakan  kurikulum merdeka Noviyanti katakan  untuk peserta didik baru tidak  mengalami masalah mengingat sekolah sekolah di  kota Jayapura  walaupun bukan sekolah penggerak tetapi sudah melaksanakan IKM sehingga anak anak sudah terbiasa dengan kegiatan P5, dan asesmen awal .

 

Lebih lanjut Noviyanti menyebutkabn SMP YPPK St Paulus merupakan  sekolah besar dan favorit sekolah inipun memiliki extra kurikuler  yang cukup  bayak yang dapat menampung dan memfasilitasi  bakat dan kreativitas siswa

 

“Selain Extra Kurikuler yang ada, tahun ini juga kami akan membuat Kelas inspirasi yaitu dengan mengundang tokoh tokoh yang bisa memberi inspirasi bagi anak anak ,tokoh tersebut bukan saja dari luar tetapi juga dari para orangtua yang dapat memberikan inspirasi buat anak anak ,”lanjut Novi menjelaskan.

 

MPLS Tahun ini mengusung tema Sekolah baru,Kenali Potensi, dan Raih Prestasi Noviyanti berharapk peserta didik   dapat mengikuti MPLS dari hari pertama sampai dengan selesa dan bagi  orangtua peserta didik  dapat mendukung segala kegiatan dan kebijakan sekolah yang berlaku,.

 

Turut hadir dalam kegiatan ini Pemerintah Kota Jayapura yang diwakili Pengawas SMP Dinas Pendidikan Kota Jayapura Dra Devlin Lolowang ,M.Pd  yang sekaligus membuka secara langsung Pelaksanaan MPLS Di SMP YPPK Santo Paulus Abepura.

 

“Harapan kami  anak anak peserta didik dapat mengikuti MPLS ini dengan baik dan bagi pihak sekolah marilah kita menerapkan kebijakan  kurikulum merdeka ini dengan baik mengingat SMP YPPK St Paulus  merupakan salah satu sekolah penggerak pertama sehingga apa yang dimiliki para guru dapat dituangkan dalam proses pembelajaran dalam kurikulum merdeka ini.”harap Devlin Lolowang .

 

Kepada Wartawan Media ini , salah satu peserta MPLS Mellin  F R dari SD YPPK Gembala Baik mengungkapkan rasa bangganya bisa diterima di sekolah ini.

 

“Saya senang bisa diterima di sekolah ini karna bagi saya sekolah ini adalah sekolah favorit  dengan segudang prestasi dan banyak anak anak ingin sekolah disini,selain itu sekolah ini memiliki  para guru guru yang  sangat ramah, kakak  kakak OSIS  juga baik dan tentunya sekolah ini memiliki extra kurikuler yang banyak ,” ungkap Meilin.

 

Ditempat yang sama Wakil Ketua OSIS  Vincensia   mengatakan MPLS kali ini OSIS juga hadir untuk mendampingi peserta selama mengikuti MPLS.

 

“Keterlibatan kami sebagai  OSIS adalah memberikan pendampingan kepada adik adik peserta didik baru di setiap gugus dengan memperkenalkan apa saja yang ada di sekolah kami,’ pungkasnya  (Redaksi/Tia)

 

 




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *