Ucapan HAN 2024 Himpaudi Kota Jayapura

GREETINGS HR IDUL ADHA PEMKOT JAYAPURA

GREETINGS HR IDUL ADHA PEMPROV PAPUA

Greetings HR IDUL ADHA PEMKAB JAYAPURA

Ebamokai Warnai Pembangunan Gereja Paroki Sang Penebus Sentani

Noberus Broery Renyaan,OFM: Umat Paroki Harus Punya Rasa Memiliki Akan Rumah Tuhan

SENTANI | Jayapurapost.com –Ebamokai salah satu tradisi suku Mee sering dipakai khalayak umum sebagai sarana untuk menyelesaikan suatu permasalahan dalam rangka meningkatkan kebersamaan .

Tradisi Ebamokai biasa digunakan sebagian masyarakat dalam pembangunan gereja dimana umat dapat menyumbang seikhlasnya sesuai kemampuan yang dimiliki.

Sama halnya dengan Gereja Katolik Paroki Sang  Penebus Sentani  menggelar Tradisi Ebamokai guna mendukung pembangunan Gereja yang sementara dalam penyelesaian.

Hal ini disampaikan Pastor Paroki  Nobertus Broery Renyaan,OFM saat membuka acara Ebamokai di halaman Gereja Paroki Sang Penebus Sentani Kabupaten Jayapura usai Ibadah Minggu (07/07/24)

 

Nampak ribuan umat paroki  dari   Komunitas Basis Gerejawi (KBG) yang berada daLam wilayah Paroki  memadati tempat berlangsungnya acara ebamokai.

Dari hasil pemantauan media ini di Lapangan ,bukan saja ebamokai yang menjadi pusat perhatian umat paroki tetapi ada satu acara yang special yang ditunggu tunggu umat dalam beberapa bulan terakhir ini.

Ternyata umat paroki  sedang menantikan Pengundian  Kupon  berhadiah berupa 1 (satu ) unit rumah KPR yang telah disediakan panitia pembangunan  melaui Sponsor Utama Bapak Yongky.

Pastor Paroki Nobertus Broery Renyaan,OFM  mengatakan dalam rangka pembangunan Gedung Gereja Panitia Pembangunan telah melaksanakan berbagai kegiatan dalam menunjang penyelesaian pembangunan Gereja.

“Semua yang dibuat semata mata agar semua orang punya  rasa memiliki rumah Tuhan bukan saja kalangan umat paroki tetapi umat diluar paroki

pun turut terlibat dalam pembangunan gedung gereja,” tutur Pastor Paroki Sang Penebus Sentani.

Dengan tema yang diusung  “ Mari  Membangun Rumah Tuhan Dalam Kebersamaan,Pastor Broery berharap pembangunan Gereja akan  membantu umat bukan saja  bertanggung jawab  sebagai sebuah komitmen tetapi yang paling utama adalah   umat memahami bahwa Gereja ini milik kita bersama sesuai nama Katolik yang berarti Umum .

“ Sebagai Pastor Paroki saya menyampaikan ucapan terimakasih tak terhingga atas kerja kerja Panitia Pembangunan ,para sponsor dan seluruh umat paroki yang terus mendukung dalam pembangunan Gereja ini,”ungkap Pastor Paroki

Sementara itu Ketua Panitia Pembangunan Herold Berhitu mengatakan ebamokai  adalah  momen terakhir dalam agenda teknis  rencana pembangunan Gedung Gereja Sang Penebus Sentani .

“Tetapi bukan berarti rencana pembanguna gereja akan  berkahir sampai disini saja tetapi akan terus berkelanjutan ,karena ini adalah tanggung jawab kita bersama sampai Gereja ini diresmikan ,”ucap  Ketua Pembangunan sekaligus Kepala Dispendukcapil  Kabupaten Jayapura.

Selanjutnya di kesempatan yang sama, Ketua Dewan Pastoral Paroki (DPP ) Sang Penebus Sentani Carlos Mutuan mengungkapkan rasa bangga dan terimakasih kepada Panitia Pembangunan yang terus bekerja keras berupaya untuk menyelesaikan tanggung jawab ini.

“ Tugas ini bukan tugas yang mudah, tetapi ini adalah tugas yang mulia bagi hormat kemuliaan Nama Tuhan,olehnnya atas nama umat paroki Sang Penebus sentani kami menyampaikan terimakasih tak terhingga ,dan mari kita terus bergandengan tangan menyelesaikan pembangunan gedung gereja ini,”imbuhnya.

Dukungan  terus saja mengalir bukan saja umat paroki sendiri tetapi umat  Muslim yang berada disekitarpun  turut berpartisipasi dalam  mendukung pembangunan gereja , disamping ada juga dukungan dari berbagai Komunitas, dan paguyuban yang ada di Kabupaten Jayapura.

Acara dilanjutkan dengan pengundian undian dari undian yang kecil berupa Rice Cooker,TV, Mesin Cuci ,Lemari Es sampai pada Undian Utama berupa 1 (satu ) Unit Rumah KPR.

Diketahui Undian ini dalam bentuk lembaran kupon yang tersebar bukan hanya di Kota dan Kabupaten Jayapura melainkan daerah se Provinsi Papua.

Adapun jumlah Kupon yang terjual sebanyak 12.800. lembar kupon dengan harga per lembarnya sebesar Rp.100.000 rupiah.

Kegiatan ini turut dihadiri Kapolres Jayapura AKBP Fredrickus W.A. Maclarimboen, S.IK., MH ,Pengacara Piter El, Bakal calon Bupati kabupaten Jayapura Jhon  Manangsang,  Mantan Sekda Kabupaten Jayapura  Jerry Dien,Pengurus DPP Paroki dan tamu undangan .(Redaksi/Tia)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *