Ucapan HAN 2024 Himpaudi Kota Jayapura

GREETINGS HR IDUL ADHA PEMKOT JAYAPURA

GREETINGS HR IDUL ADHA PEMPROV PAPUA

Greetings HR IDUL ADHA PEMKAB JAYAPURA

Kakanwil Kemenag Papua: MTQ Ciptakan Nuansa Religius, Hadirkan Suasana Sejuk Jelang Pemilukada yang Aman, Nyaman Damai, dan Berintegritas

MIMIKA | Jayapurapost.com – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Papua, Klemens Taran, melalui Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mimika, Lucas Yasi, berharap agar lantunan kalam Ilahi yang indah dan merdu menggema selama pelaksanaan MTQ ini dapat menciptakan nuansa religius dan menghadirkan suasana yang memberikan kesejukan batin bagi masyarakat Kabupaten Mimika menjelang Pemilukada yang aman, nyaman, damai, dan berintegritas.

 

Selain itu, MTQ juga diharapkan menjadi forum silaturahmi yang mengandung nilai-nilai positif dan memperkuat persamaan serta ikatan persaudaraan internal umat muslim, serta antar umat lain dalam lintas budaya dan etnis, sesuai dengan motto Kabupaten Mimika, “Bersama kita membangun Mimika.”

 

“Peningkatan kualitas kehidupan umat beragama menjadi sangat penting di saat ini dan di masa yang akan datang, seiring dengan perubahan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini,” tambahnya.

 

MTQ, ucap Yasi, merupakan salah satu upaya mewujudkan dan membudayakan baca tulis indah Al-Quran di tengah umat muslim.

 

“Untuk membaca dan mengamalkan isi dari Al-Quran, diperlukan upaya mempelajari, mendalami, dan mengambil hikmah dari nilai-nilai yang terkandung di dalamnya,” ujarnya.

 

Ia menambahkan bahwa MTQ juga merupakan kegiatan yang telah menjadi tradisi yang melekat dalam kultur masyarakat muslim Indonesia.

 

Hal ini disampaikannya saat menyampaikan sambutan pada penutupan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) XXX tingkat Provinsi se-Tanah Papua, di kompleks Graha Eme Neme Yauware, Timika, Sabtu malam (29/06/2024).

 

Menurutnya, MTQ selalu memiliki daya tarik tersendiri dalam kehidupan masyarakat muslim.

 

“Event ini selain menjadi wadah dakwah dan syiar keagamaan yang efektif, juga menjadi wadah untuk menambah wawasan dan khasanah dalam penghayatan keislaman secara nyata dalam kehidupan sehari-hari di tengah masyarakat yang pluralis,” katanya.

 

Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Papua juga memberikan apresiasi terhadap pelaksanaan MTQ di Timika, Kabupaten Mimika.

 

“Para pengunjung dan tamu-tamu mengatakan bahwa MTQ provinsi ini rasa nasional,” ujarnya.

 

Ia juga menghimbau agar pada ajang MTQ Nasional di Kalimantan Timur nanti, Papua dapat diusulkan menjadi tuan rumah MTQ Nasional berikutnya.

 

“Terima kasih dan apresiasi serta penghargaan setinggi-tingginya kepada pemerintah daerah Kabupaten Mimika,” ucapnya.

 

Kakanwil juga mengapresiasi bupati yang telah mendukung dan membantu secara penuh terselenggaranya MTQ ke-30 di Kabupaten Mimika. Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada Gubernur Papua Tengah yang sudah membantu dalam kesuksesan pelaksanaan MTQ di Kabupaten Mimika.

 

“Kami sangat menghargai kerja keras ketua panitia dan seluruh anggota panitia yang dengan setia bekerja siang dan malam untuk mempersiapkan MTQ ke-30 di Kabupaten Mimika ini,” tambahnya.

 

Melalui Yasi, Kakanwil juga mengucapkan terima kasih kepada dewan hakim yang telah bekerja keras dalam pelaksanaan MTQ ke-30.

 

Ucapan terima kasih juga disampaikannya kepada masyarakat yang mendukung pelaksanaan MTQ di Tanah Amungsa Bumi Kamoro sehingga berjalan lancar sampai malam hari ini.

 

“Selamat bagi kafilah-kafilah qori qoriah, sukses dan menjadi yang terbaik dalam ajang ini. Persiapkanlah dirimu untuk mewakili Tanah Papua di ajang MTQ Nasional di Kalimantan Timur yang akan datang. Bagi yang belum berhasil dalam pelaksanaan MTQ kali ini, janganlah berkecil hati. Siapkanlah dirimu untuk MTQ yang akan datang yang nantinya akan dilaksanakan di Kota Rusa, Merauke,” tutupnya (Redaksi )




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *