PENCANANGAN HUT KOTA JPR KE 114

Kearifan Lokal Budaya Papua sebagai Modal Dasar Pembangunan

 

 

Foto : Para Calon Debat Mahasiswa yang diselnggarakan oleh Yadupa dan Gemma

 

JayapuraPost.com  ||Yayasan dusun anak papua  (Yadupa )  adalah Lembaga LSM yang bergerak di bidang pendidikan dan Masyarakat Adat Papua. Dan  Bersama GEMMA  menggelar Debat Mahasiswa yang diselenggarakan belum lama ini di salah satu stasiun Televisi yang ada di Kota Jayapura.

Debat Mahasiswa yang melibatkan para mahasiswa baik papua dan Papua Barat diikuti oleh 3 group Universitas yakni Universitas Musamus merauke,Universitas Negeri Papua Manokwari dan STFT Fajar Timur Jayapura . Yadupa sendiri mengangkat tema  Kearifan Lokal Masyarakat Adat papua sebagai Dasar Pembangunan. Dengan di Nahkodai seorang Moderator yang Handal Amir Siregar debat Mahasiswa berjalan cukup menegangkan karena semua peserta menanggapai dengan baik seluruh pertanyaan yang diberikan oleh tem juri.

 

Foto : Leonard Imbiri/Direktur Yayasan Anak Dusun Papua (Yadupa)

Leonard Imbiri selaku Direktur Yayasan Anak Dusun Papua  mengungkapkan bahwa Yayasan Anak dusun papua merupakan   salah satu yayasan yang  dibentuk oleh masyarakat papua  dengan mengangkat  Visi dan Misi yadupa adalah generasi muda papua untuk masa depan Papua,  maka yadupa mengembangkan berbagai program dalam rangka penyegaran mahasiswa  generasi muda tentang hak dasar masyarakat papua yang tertuang  dalam 9 butir manivestor hak hak dasar masyarakat  papua “ ujar Leonard kepada Redaksi JayapuraPost.Com

Leonard berharap  kiranya kegiatan Debat Mahasiswa ini  ini membawa inspirasi  daan pemahaman baru bagi seluruh generasi muda Papua untuk mengembang hak hak dasar masyarakat papua,semakin tinggi  pendidikan semakin  tinggi juga kita mencintai adat kita” harap Leonard

 

Adoliina Samosir Lefaan salah satu akademisi  tetapi juga Juri dalam Debat Mahasiswa ini mengapresiakan  Yadupa dan Gemma ini karena merupakan wadah yang positif untuk generasi muda terutama mahasiswa.

“salah satu hal penting dalam pendidikan berbasis kearifan lokal sudah diangkat oleh gemma dan yadupa adalah menjadi projek dalam profil pelajar pancasila serta kampus mereka yang nantinya mahasiswa akan terjun sampai ke kampung-kampung” ujarnya.

Yayasan anak dusun papua sendiri memberikan pendidikan berbasis budaya serta menerapkan kearifan lokal demi memajukan tanah papua.

Kearifan lokal akan menunjang pendidikan, pariwisata, ekonomi masyarakat serta membangun paradigma mahasiswa untuk menuju pada pendidikan dan pembangunan berkelanjutan.(Rafly)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *