Ucapan HAN 2024 Himpaudi Kota Jayapura

GREETINGS HR IDUL ADHA PEMKOT JAYAPURA

GREETINGS HR IDUL ADHA PEMPROV PAPUA

Greetings HR IDUL ADHA PEMKAB JAYAPURA

MAKSIMALKAN PELAYANAN ,RSUD ABEPURA TERAPKAN SIMRS BLUD

JAYAPURA | Jayapurapost.com –  Instalasi Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) adalah sebuah sistem informasi yang terintegrasi yang disiapkan untuk menangani keseluruhan proses manajemen rumah sakit mulai dari pelayanan diagnosa dan tindakan untuk pasien, medical record, apotek, gudang farmasi yang terkemas dalam sistem komputerisasi.

 

Hal ini disampaikan Direktur RSUD Abepura Dr Deasy C Urbinas saat melaksanakan penanda tanganan Pakta Integritas dengan sejumlah unit kerja yang ada di lingkungan Rumah sakit Abepura pada Jumat (26/04/24)

“Pelaksanaan SIMRS belum maksimal terlaksana  di seluruh ruangan baik rawat jalan rawat ,inap maupun seluruh instalasi sehingga hari ini kami melaksanakan penggalangan komitmen dan Pakta integritas  bersama seluruh unit kerja sehingga  diharapkan seluruh bagian di rumah sakit ini tanpa terkecuali sudah harus melaksanakan SIMRS dan rekam medis elektronik sehingga tidak menggunakan  kertas lagi,”terang Deasy Urbinas

Dijelaskan Direktur RSUD Abepura ini untuk SIMRS ini sangat membantu banyak hal  terkait informasi kesehatan ,bagaimana sarana prasarananya, bagaimana kendali mutu , kendali biaya, efektivitas efisiensi pelayanan akan bisa mudah teratasi .

Deasy menyebutkan SIMRS menjadi salah salah satu target yang harus dilaksanakan sampai pada bulan Oktober sudah tuntas harus berjalan .

“Tahun depan RSUD Abepura akan tampil dengan  budaya kerja baru  yakni budaya elektronik dimana semuanya menggunakan aplikasi dan pasien juga akan  lebih mudah mendapatkan pelayanan dengan mempergunakan  aplikasi  ini,’’kata Deasy Urbinas

“Pasien akan dengan mudah mendapatkan pelayanan mulai dari bagaimana pasien mendapat tindakan-tindakan ,ketersedian  obat itu terbaca dari ruangan selain itu juga dari sisi  pendaftaran di ruangan  semuanya terbuka dengan  aplikasi ini ,”sambungnya.

Deasy menyebutkan dengan system ini sangat  membantu pelayanan setiap hari dengan demikian manajemen rumah sakit akan lebih baik dan  tertib serta menghindari segala bentuk penyalah gunaan.

Ditambahkannya jika RSUD Abepura  sebenarnya sejak tahun  2014 sudah menggunakan system ini tapi tidak maksimal kemudian belum pernah dilakukan upgrade ,setelah masuk 2023 SIMRS sudah harus dilaksanakan secara  maksimal

Diakuinya dalam mengelola SIMRS ini ada dijumpai berbagai kendala diantaranya   kurangnya  SDM yang mumpuni untuk  bidang IT namun berjalannya waktu kini Rumah sakit telah memiliki  tim IT dan kini  mereka bertugas di setiap ruangan untuk melakukan pendampingan terus-menerus .

“Tim IT kami  yang kemudian menyiapkan  sarana prasarana penunjang berupa  komputer atau tablet android dan kami  sudah  penuhi di semua unit kerja yang ada di rumah sakit ini,”pungkas Direktur Urbinas .

Disinggung terkait pembangunan IGD yang baru ,Direkrut menegaskan mudah-mudahan akan berlangsung di bulan Juli karena proses perencanaan sudah berjalan tinggal proses pengawasan pada tendernya

“Jadi bulan  Juli diharapkan sudah mulai pembangunan dengan total anggaran sebesar 10 miliar dengan lahan parkirnya  kemudian ada penambahan sebesar  dua setengah miliar juga akan berlangsung  di bulan Juli mendatang,”pungkasnya.

Dalam rangkaian Kegiatan ini diserahkan sejumlah Tablet Android kepada sejumlah dokter spesialis dan kepala kepala unit kerja yang ada di RSUD Abepura.

Turut hadir dalam kegiatan inin Perwakila n Dinkes Provinsi Papua ,Dewan pengawas Wakil direktur umum ,Kepala  kepala bagian ,kepala seksi dan kasubag di lingkungan rumah sakit abepura (Redaksi/Tia)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *