PENCANANGAN HUT KOTA JPR KE 114

SERAHKAN DPA 2024, PJ BUPATI IMBAU OPD LEBIH SERIUS DALAM BEKERJA

 

(Caption Foto): Pj Bupati Jayapura, Triwarno Purnomo, S.STP., M.Si., ketika menyerahkan secara simbolis DPA-OPD Tahun Anggaran 2024 kepada sejumlah perwakilan Pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Jayapura disela-sela kegiatan Apel Senin Pagi, di Lapangan Apel Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Senin, 12 Februari 2024

 

SENTANI | JAYAPURAPOST.com – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Jayapura menyerahkan  dokumen pelaksanaan anggaran – organisasi perangkat daerah (DPA-OPD) tahun anggaran 2024, Senin, 12 Februari 2024.

Kegiatan yang berlangsung disela-sela pelaksanaan Apel Senin pagi itu diserahkan langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Jayapura, Triwarno Purnomo, S.STP., M.Si., secara simbolis kepada sejumlah OPD, di Lapangan Apel Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua.

Kepada wartawan, Pj Bupati Jayapura Triwarno Purnomo menyampaikan dengan telah diserahkannya DPA-OPD Tahun Anggaran 2024, untuk itu ia mengimbau kepada seluruh pimpinan perangkat daerah (PD) dapat bekerja keras dan serius, dalam mencapai target program kegiatan dan sub kegiatan yang telah ditetapkan dalam DPA-OPD masing-masing.

“Pada hari ini, kita penyerahan DPA bagi organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Jayapura. Sedianya ini (DPA) sudah siap, namun karena ada penyempurnaan-penyempurnaan dan kita juga ada hari libur, sehingga baru kita serahkan (DPA) hari ini,” cetus Pj Bupati Jayapura.

Untuk itu, Bupati Jayapura meminta agar setiap OPD segera dapat melaksanakan proses pengadaan barang dan jasa, kemudian melakukan perikatan serta penandatanganan kontrak, sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku dengan baik dan tertib.

“Sayaa harapkan kepada pimpinan OPD yang sudah menerima DPA pada hari ini, terkait dengan pengadaan barang dan jasa pemerintah itu agar segera kita bisa input RP nya, sehingga RP nya kita bisa umumkan..Selanjutnya, kami minta agar barang dan jasa harus tersedia di awal tahun ini sudah bisa jalan,” paparnya.

Kemudian, untuk pekerjaan-pekerjaan yang membutuhkan waktu yang cukup panjang itu juga bisa segera terlaksana.

“Kami sangat berharap agar pimpinan OPD bisa memberikan perhatian di dalam percepatan penyerapan anggaran yang baik, juga penyerapan anggaran yang cepat dan penyerapan anggaran yang tepat sasaran,” harapnya.

“Yang jelas semua aspek dalam penyelenggaraan pemerintahan itu ada tiga aspek. Yakni, aspek pemerintahan, aspek pembangunan dan juga aspek kemasyarakatan itu semuanya menjadi fokus dan ada di dalam kegiatan maupun sub kegiatan dari setiap DPA OPD di lingkungan Pemkab Jayapura,” sambung pria yang pernah menjabat sebagai Pjs Bupati Asmat ini.

Dalam penyusunan rencana penarikan dana agar disesuaikan dengan jadwal kegiatan, sehingga penyerapan anggaran akan lebih proporsional sepanjang tahun anggaran. Dengan demikian penumpukan kegiatan maupun tagihan di akhir tahun anggaran dapat dihindari.

“Program dan kegiatan yang bisa dilaksanakan pada triwulan pertama agar segera dilaksanakan. Realisasi fisik maupun keuangan harus lebih baik dibanding triwulan yang sama pada tahun 2023 lalu,” pungkas mantan Sekretaris DPRD Kabupaten Keerom ini. (Fan)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *